Thanks for you VISIT :)

"sebaik-baik manusia adalah yang berguna untuk orang lain"

SEPATU :)

SEPATU :)

Selasa, 16 April 2013

sekilas tentang qiyadah wal jundiah



Bismillah...
Berbicara tentang qiyadah wal jundiah, beberapa hal yang secara umum diketahui tentang hal ini adalah suatu jamaah atau kelompok yang terdiri dari ‘qiyadah’ atau ketua, dan ‘jundiyah’ atau dalam arti harfiahnya adalah para tentara. Kalau pembahasan qiyadah wal jundiah ini dalam konteks halaqoh atau usrah yang merupakan istilah yang berhubungan dengan dunia pendidikan, khususnya pendidikan atau pengajaran islam (tarbiyah islamiyah), kita mengetahui bahwa halaqoh atau usroh ini merupakan kelompok kecil muslim yang secara rutin mengkaji ajaran islam, biasanya terdiri dari 3-12 orang.
            Biasanya halaqoh atau usroh ini adalah sekumpulan orang yang ingin mempelajari dan mengamalkan islam secara serius. Biasanya mereka terbentuk karena kesadaran mereka sendiri untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran islam secara bersama-sama (amal jama’i). Halaqoh atau usroh ini dipimpin dan dibimbing oleh seorang murobbi (pembina) yang bisa disebut juga dengan qiyadah, dan para peserta halaqoh ini disebut dengan jundiah.
            Qiyadah ini biasanya adalah seseorang (dalam konteks kelompok) yang akan memonitori dan memimpin suatu jama’ah yang akan memberikan intruksi atau amanah-amanah yang kemudian akan didiskusikan atau dilakukan bersama-sama dengan para jundiah. Namun, jundi atau para peserta pun mempunyai hak untuk memberikan pendapat atau usulan suatu hal yang akan didiskusikan atau permasalahan, atau suatu konteks apapun yang akan didiskusikan dalam suatu forum tersebut yang kemudian akan menjadi kerja-kerja nyata.
            Dalam konteks syuro, qiyadah adalah seorang mas’ul atau pemimpin dari para peserta rapat. Dan seorang mas’ul ini mempunyai kewajiban untuk memutuskan atau menetapkan suatu hal yang telah menjadi musyawarah mufakat dalam forum tersebut. Seorang mas’ul mempunyai peranan penting dalam forum syuro tersebut. Segala hal yang akan dibahas dalam syuro menjadi sebuah tanggung jawab mas’ul.
            Dalam konteks syuro maupun halaqoh, seorang qiyadah mempunyai peran penting untuk terbentuknya forum yang efektif, yang akan menjadikan para jundiah menjadi muslim yang islami dan berkarakter da’i. Dalam mencapai tujuan tersebut, seorang qiyadah berusaha agar peserta hadir rutin dalam halaqoh atau syuro untuk mencapai tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biogenesis :)

Biogenesis :)

Pengunjung